Musik Adalah Hiburan – Bukan Ajang Persaingan

Musik adalah hiburan, bukan perlombaan. Itulah yang ingin saya sampaikan, bahwa sebenarnya musik itu untuk didengar oleh kita dan orang lain, maka sebaiknya membuat karya yang bisa di dengar banyak orang.

Musik bukan perlombaan, so jika ada beberapa musisi, sebaiknya jangan bersaing siapa yang paling hebat, kalo bisa malah berkolaborasi membuat karya yang bagus. Gitar juga demikian, bukan adu cepat, adu skill, tapi buatlah karya dengan gitarmu, walaupun hasilnya mungkin kurang baik, tapi setidaknya itu lebih baik daripada tidak berkarya sama sekali.

Saya pun mencoba menerapkan ini bersama rekan sesama musisi, dari pemula sampai senior bagiku sama saja, gak ada kasta dalam musik. Inilah salah satu video saya bersama teman-teman musisi banyumas.

oTuner – Software Gratis Buat Nyetem Gitar Di Komputer dan PDA

Bermain gitar memang asyik, juga enak didengar, tapi lain ceritanya bila gitar anda Fals. Bisa- bisa anda diketawaain kalo mainnya fals.
Tapi tenang aja, coz ada software keren yang bisa anda gunakan untuk menyetem gitar anda, namanya yaitu oTuner

oTuner adalah software gratis, bahkan open source, ukuran filenyapun sangat ringan (cuma 212 KB)
Inilah penampakannya..

oTuner

Software ini cukup ringan, jadi gampang kalo mo download, juga gak perlu instalasi, tinggal colok gitar ke PC lalu jalankan programnya. Atau bisa pake oTuner di PDA, Pocket PC /XDA yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile.

Untuk informasi lebih lanjut atau download, silahkan ke TKP di sini

Semoga informasi ini bermanfaat, dan software gratis ini bisa membantu anda berkreasi di bidang musik.

MuseScore – Software Gratis Untuk Membuat Dan Membaca Notasi Balok

Kali ini Amri ingin memberikan informasi tentang software musik yang mungkin berguna bagi anda para musisi. Sesuai dengan judul di atas, yang akan saya bhas adalah MuseScore. Sesuai dengan namanya yaitu muse dan score, score berarti partitut/partur atau notasi balok. Sebagai musisi tentunya minimal mengenal notasi musik ini, karena standar internasionla itu notasi balok, bukan tablature apalagi notasi angka. So, software musik ini juga bisa anda gunakan untuk mempelajari notasi balok secara otodidak.

Inilah Penampakan MuseScore

Muse Score Screenshot

Dengan muse score kamu bisa

– Membuat dan mengedit notasi balok

– Import dan Export partitur dai file MIDI atau MusicXML

– Menampilkan notasi balok dari file MIDI

Semoga informasi ini bermanfaat, buat yang pengin coba, kamu bisa download di sini.

Software ini gratis dan open source, dan udah pasti full version, bahkan tersedia di berbagai platform seperti Linux atau Mac OS.
Update:
Buat yang gak mau ribet nyari not balok, sekarang ada situs yang menyediakan notasi balok gratis, yaitu di sini www.notasimusik.com

Kesalahan Umum Para Gitaris Pemula

Yang ingin saya bahas di sini adalah gitaris yang berlatih secara otodidak, tanpa pembimbing. karena saya sering menemui gitaris yang menurut saya banyak kesalahan. kalo saya sendiri mungkin kurang tepat jika disebut gitaris. Semoga artikel ini bisa membuka mata para gitaris, terutama yang ingin terjun ke major label.

Inilah beberapa kesalahan gitaris tersebut:

1. Tidak mengerti nada (notasi)
Dari mulai nada dasar sampai nada apa yang dimainkannya biasanya gak tau, taunya cuma kunci (juga tak tau susunan nadanya). Itu yang bikin repot, kalo berurusan dengan gitaris yang buta nada. Saya sering menjelaskan pake nada, gak tau posisi gitar. Apalagi kalo berurusan dengan notasi balok, banyak yang gak bisa.

2. Melupakan seni
Banyak para gitaris yang mengejar speed, teknik gitar dll. Mereka melupakan seni gitar itu sendiri, speed cepat, teknik banyak, tapi mana soulnya?
Musik adalah hiburan/entertainment, so berikanlah hiburan kepada audience. Untuk mengukur apakah kita sudah menghibur, coba bermain gitar di depan orang yang gak ngerti gitar, coba liat responnya.

3. Melupakan pendengar
Sebagian besar pecinta musik itu bukan pemain musik lho. Banyak gitaris yang membuat musiknya cuma untuk pemain gitar, itu satu bentuk ego yang kurang perlu menurut saya.Sebagian besar pendengar itu suka musik yang easy listening.

4. Speed dan Teknik
Cuma itu yang dipelajari, trus main apa kalo gak tau nadanya

5. Gear dan Equipment
Gitar dan peralatannya yang dibanggakan, seharusnya malu kalo gak punya karya.

Hal yang perlu diperhatikan menurut saya:
1. Main gitar itu untuk menghibur (Bukan balapan gitar)
2. Sekarang udah tahun 2012 bukan tahun 80an dimana musik speed metal masih melanda.
3. Tunjukan karyamu bukan skillmu

Itulah alasan mengapa di video gitar saya gak ada yang main speed. Karena gitaris yang baik bukan berarti yang mampu memainkan seribu lagu dengan sempurna, tapi yang bisa membuat karya apa adanya yang bisa didengarkan oleh ribuan orang.
Masalah gear, aku pake sembarang gitar, pake senar dan peralatan lain yang murah. Efek gitarpun gak pake meski saya punya, biasanya saya memakai Steinberg AmpSimulator bawaan nuendo, itu efek standar banget. Saya ingin menunjukan karya sederhana, bukan untuk balapan gitar.

Siapakah Gitaris Terbaik Dunia?

Siapakah gitaris terbaik dunia untuk saat ini?

Mungkin di pikiran kita akan terbesit nama-nama gitaris besar seperti Yngwie Malmsteen, Joe Satriani, herman li, michael angelo batio dll.

Dan mungkin beberapa gitaris akan menjawab seperti ini:

Joko Angelo:  Michael angelo batio, cz dia paling cepet, yngwie kalah jauh sama dia.

Paijo Li: herman Li dund, sam tothman juga, masalah speed dan suara 2 mereka jago.

Joko Malmsteen: Yngwie pastinya, teknik gitar arpegionya keren

Dan lain sebagainya, jawabannya gak jauh jauh dari Michael angelo batio, yngwie, paul gilbert, jason becker, herman li dll

Kalo jawaban Amri pastinya beda.

Gitaris terbaik versi saya adalah: Alm Jimy Hendrix, Joe Satriani, Slash, Carlos Santana, Synyster Gates,  J Petrucci dan Yngwie.

Lho kok Slash dan Santana masuk? kan mereka mainnya pelan, gak pake skill?

Bagi saya musik itu bukan ajang unjuk kebolehan, tapi lebih ke nilai hiburan. Mereka main gitar untuk penonton dan pecinta musik, bukan untuk gitaris juga. Yang saya tahu, karya jos satriani tiap hari diputer di acara otomotif atau bola, itu tandanya banyak yang suka.

Michael Angelo batio Kok Gak Masuk, sedangkan Yngwie masuk?

Musisi bukan dinilai dari skillnya, tapi dari karyanya. Coba sebutkan lagu karya michael angelo batio?

Kalo lagu karya Yngwie pasti banyak yang bisa jawab. Kalo slash, biarpun pelan tapi dapet, semua orang pasti tau karya besarnya.

 

Musik itu seperti makanan yang dijual

Yang bagus itu bukan yang paling pedas, malah justru biasanya rasa makanan tersebut biasa aja tapi laku keras.

Ingat bahwa melodi gitar yang bagus itu bukan yang tercepat, tapi banyak yang suka.

 

Note: Artikel ini berdasarkan opini seorang Amri, dilihat dari mata seorang musisi, bukan seorang gitaris.

Terimakasih Untuk Para Blogger

Iseng-iseng browsing dan searching di google dengan kata kunci Musisi Kreatif – Main Musik di Komputer ternyata ada beberapa blog yang ngeshare video aku. Ternyata video isengku ada yang suka juga.

Dan inilah beberapa blog yang udah membantu membagikan videoku,

1. Melihat Mata Dunia

2. Ngakak-4u

3. Kerinci Google

4. Langkah Mantap

5. Simphonymusic

 

Makasih juga buat beberapa forum yang juga ngeshare videoku, kalau banyak yang suka, Insya Allah aku sering update video baru, so jangan lupa subscribe channel aku di youtube.

Untuk para blogger, sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan semoga pengunjung blog anda semakin bertambah.

Lagu Indonesia Pusaka – Main Musik pake HP

Mencoba berkreasi kembali, masih menggunakan ponsel android Sony XPeria X8 yang kemarin saya gunakan untuk bermain musik.

Saat ini saya mencoba memainkan musik sendirian + ada vokalnya juga.

Maaf kalo hasilnya kurang bagus, maklum semuanya dikerjakan sendiri. Dari mulai aransemen, nyanyi, recording, mixing sampai rekam video aja oleh tangan sendiri. hasilnya juga kurang bagus karena pake kamera HP. Tangan kiri pegang HP buat ngambil gambar, tangan kanan main piano. Susah banget, dan salah beberapa kali. Tapi gapapa lah, yang penting berkarya. Setidaknya itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Direkam sederhana menggunakan software nuendo dan soundcard standar bawaan netbook acer.

Gear:
– Sony XPeria X8
– Acer Netbook
– USB Guitar Link Soundcard
– BMB Microphone

Software
– Guitar Pro 5 (Aransemen)
– Steinberg Nuendo 4

Virtual Instrument
– Toontrack EZDrummer
– Steinberg HalionOne (Bass, Strings, Synth)

Android App
– Piano Perfect

Main Musik Dengan Sony XPeria X8

Mencoba menjadi musisi kreatif dengan memanfaatkan apa yang ada menjadi alat musik. Setelah sebelumnya saya main musik pake laptop atau keyboard komputer, sekarang saya pake HP. Yang saya pakai adalah Sony Ericsson XPeria X8 yang ber OS Android.

Inilah penampakan videonya.

Maaf kalo hasilnya kurang bagus, malum belum lama pake ini. Blum sampe 24 jam, dan jari saya blom terbiasa dengan touch screen.

 

 

Menjadi Gitaris Hebat Itu Mudah

Adalah hal biasa bagi seorang gitaris yang ingin bisa seperti gitaris idolanya. Bahkan banyak para Facebooker atau Kaskuser yang menggunakan nama gitaris idolanya, misalnya Paijo Petrucci atau Bejo Satriani (Maaf bila ada kesamaan nama) bukan bermaksud subjektif, terus siapa nama asli mereka?

Youtube juga dibanjiri orang-orang seperti ini, banyak sekali video permainan musik dari gitaris yang mengidolakan sang Guitar Hero, mungkin niatnya numpang tenar atau pamer skill, menunjukkan bahwa dia juga mampu seperti gitaris idolanya. Misalnya lagu Asylum Yngwie Cover by Tugimin Malmsteen atau Crystal Planet – Joe Satriani Cover by Joko Satriani

Apakah mereka hebat?

Bagi saya, Gitaris hebat bukan yang bisa memainkan lagu orang lain yang susah, tapi bisa membuat lagu sendiri yang enak didengar.

Gitaris hebat bukan yang mampu memainkan 1000 lagu, tetapi yang mampu membuat karya dengan gitarnya yang dapat diterima oleh ribuan orang.

Yup, kalau kamu ingin jadi gitaris hebat, jadilah dirimu sendiri, tunjukkan keunikanmu pada dunia. Jadilah diri sendiri yang lebih baik.

Kembali ke Youtube dan situs video sharing lainnya, banyak juga Gitaris hebat yang benar-benar jadi diri sendiri, kamupun bisa, main gitar lagu sendiri uploadlah di youtube, pasti kamu akan dikenal karena keunikan kamu bkn karena kamu hebat memainkan musik orang.

Contohnya seperti ini:

– Jerry C.  dengan cannon rocknya, siapa sih yang tidak tahu cannon rock?

– Sungha jung dengan fingerstylenya

– I wayan balawan dengan 8 finger touch stylenya (salut ma musisi Indonesia yang satu ini, komentar di youtube semuanya salut ma gitaris dari bali ini, tambah terkenal di dunia)

– Zack Kiem dengan dua gitarnya, permainan mario bross themenya luar biasa.

– Dan masih banyak lagi

Kamu juga bisa seperti mereka, jadilah diri sendiri yang unik, tunjukkan karyamu, jangan jadi orang lain. semoga artikel ini memberi inspirasi agar anda semangat berkarya, mudah-mudahan pembaca artikel ini mengikuti jejak mereka.

Ku yakin Bisa – Musik Instrumentalku

Yang penting kreatif, berkaryalah meskipun hasilnya jelek, karena itu lebih baik daripada tidak berkarya sama sekali.

Kata-kata itulah yang menjadi acuan untuk berani berkarya, dan kali ini saya mencoba membuat musik instrumental secara instant (1 hari jadi) tentunya sangat sederhana. Silahkan lihat videonya di bawah ini.

 Gitaris Indonesia dari Banyumas, mencoba aransemen musik seadanya, satu hari jadi, pagi aransemen musik, sore rekam gitar. Maaf kalo gambarnya kurang bagus, agak gelap soalnya di dalam studio.
Mencoba menjadi musisi kreatif dengan karya sederhana.
@Zigma music studio – Alangamba – Binangun – Cilacap.
Software yang dipakai
Guitar Pro 5 Aransemen MIDI
Steinberg Nuendo 4 – Mixing

Virtual Instrument
Drums – Toontrack EZDrummer2
Bass – Cakewalk sfz + WAV Sample
String Section – Steinberg HalionOne2
Rhythm Guitar – Guitar Pro 5 RSE

Guitar Effect – Amp Simulator n Mono Delay.
Terimakasih kepada, Septian Deni dan Oko Sulistiyo atas bantuannya.